Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bawaslu Kabupaten Bekasi Fokus Awasi Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada 2024

13
×

Bawaslu Kabupaten Bekasi Fokus Awasi Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada 2024

Share this article
Kantor KPU Kab. Bekasi.
Example 468x60

KabarSunda.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi saat ini tengah fokus menjalankan tugas pengawasan terkait pemutakhiran data pemilih dalam rangka Pilkada 2024.

Sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, Bawaslu memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi tahapan pemilihan serentak tahun 2024, mulai dari tahap persiapan hingga pemungutan dan penghitungan suara.

Example 300x600

“Saat ini, pengawas pemilu dari Bawaslu Kabupaten hingga tingkat ad hoc, yakni PKD, fokus mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi, di kantor Bawaslu Kabupaten Bekasi, Kompleks Stadion Mini Cikarang, Cikarang Utara, pada Rabu (12/06/2024).

Tahapan pemutakhiran data pemilih ini telah dimulai sejak 31 Mei 2024. Dalam proses pengawasan, Bawaslu menerapkan dua metode utama: pengawasan administratif dan pengawasan langsung di lapangan.

“Fokus kami adalah mengawasi teman-teman di PPK dan KPU Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Akbar Khadafi menambahkan bahwa pengawasan harus memenuhi empat prinsip utama sesuai kaidah kerja Bawaslu, yaitu akurat, mutakhir (up to date), komprehensif, dan transparan.

“Data harus akurat, sesuai dengan informasi yang tertera dalam elemen data. Data Pemilih Sementara (DP4) yang diberikan nanti akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan,” ucapnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *