Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bandung Smart City: Visi dan Pencapaian Nyata di Bawah Kepemimpinan Bambang Tirtoyuliono

8
×

Bandung Smart City: Visi dan Pencapaian Nyata di Bawah Kepemimpinan Bambang Tirtoyuliono

Share this article
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono. (Foto: Istimewa).
Example 468x60

KabarSunda.com — Dalam era digital yang semakin pesat, konsep Smart City telah menjadi sebuah keniscayaan bagi kota-kota di seluruh dunia, termasuk Kota Bandung. Di bawah kepemimpinan Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, kota metropolitan ini telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan visi Bandung sebagai Smart City. Dalam kesempatan ini, kita akan menyoroti beberapa pencapaian nyata yang telah diraih oleh Bandung dalam perjalanannya menjadi kota cerdas.

Digitalisasi Layanan Publik
Salah satu fokus utama Bandung Smart City adalah digitalisasi layanan publik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kemudahan akses bagi warga kota. Beberapa inisiatif yang telah diluncurkan antara lain sistem pembayaran retribusi online, aplikasi perizinan digital, serta platform pengaduan warga bernama Lapor Bandung.

Example 300x600

Tidak hanya berfokus pada digitalisasi, Bandung Smart City juga menekankan pada pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan. Upaya-upaya ini terlihat dari penerapan sistem pengolahan sampah terpadu, peningkatan ruang terbuka hijau, serta pengembangan energi terbarukan seperti panel surya di fasilitas-fasilitas publik.

Dalam menunjang pertumbuhan ekonomi yang inklusif, Bandung Smart City juga memberikan perhatian khusus pada pemberdayaan ekonomi lokal. Hal ini diwujudkan melalui program-program pelatihan kewirausahaan, pengembangan pasar tradisional, serta fasilitasi bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Bidang pendidikan juga menjadi salah satu fokus Bandung Smart City. Berbagai inovasi telah dilakukan, seperti pengembangan fasilitas-fasilitas digital di sekolah, program peningkatan literasi digital bagi siswa, serta kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk mendorong riset dan pengembangan yang berdampak langsung bagi masyarakat.

Melalui kepemimpinan Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, Kota Bandung telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan visi Bandung Smart City. Berbagai pencapaian nyata telah diraih, mulai dari digitalisasi layanan publik, pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan, pemberdayaan ekonomi lokal, hingga inovasi di bidang pendidikan. Perjalanan Bandung menjadi kota cerdas masih berlanjut, dan kami yakin bahwa kota ini akan terus berkembang menjadi pusat inovasi dan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *