Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Bambang Berharap Umat Muslim Kota Bandung Teladani Nabi Ibrahim AS

11
×

Bambang Berharap Umat Muslim Kota Bandung Teladani Nabi Ibrahim AS

Share this article
Salat Iduladha di Masjid Agung Al Ukhuwah.
Example 468x60

KabarSunda.com — Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, mengimbau warga Kota Bandung, khususnya umat Muslim, untuk meneladani sifat ikhlas dan sabar Nabi Ibrahim AS. Hal ini disampaikan usai melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Agung Al Ukhuwah, Senin, 17 Juni 2024.

“Semoga kita mampu menjadi pribadi yang senantiasa ikhlas dan bertakwa seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya,” ujar Bambang.

Example 300x600

Dalam kesempatan tersebut, Bambang juga mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Muslim. Ia berdoa agar Allah SWT menerima ibadah kurban yang dilaksanakan umat Muslim di Kota Bandung.

“Selamat Hari Raya Iduladha, 10 Dzulhijjah 1445 H. Semoga Allah SWT menerima ibadah kurban kita,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar, menyatakan bahwa pihaknya melaksanakan kegiatan dan pemeriksaan hewan kurban pasca penyembelihan (postmortem). Tahun ini, sebanyak 224 orang menjadi petugas postmortem, yang terdiri dari ASN dan non-ASN DKPP, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Unpad, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya Malang, Fakultas Peternakan Unpad, dan anggota PDHI Jabar I yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Bandung.

Pemeriksaan postmortem ini meliputi pengecekan kesehatan pada daging, kepala, kelenjar limfa, jantung, hati, paru-paru, limpa, dan ginjal setelah proses penyembelihan selesai. Tujuannya adalah untuk mendeteksi abnormalitas atau kelainan organ yang tidak layak dikonsumsi. Jika ditemukan kelainan, organ tersebut harus dibuang atau diafkir.

Menurut Gin Gin, pelaksanaan pemeriksaan postmortem hewan kurban tahun 2024 akan berlangsung selama empat hari, mulai dari Hari Raya Iduladha hingga hari tasyrik (17 – 20 Juni 2024).

“Ini memastikan kelayakan daging, jika ada yang tidak layak, kita pisahkan agar tidak dikonsumsi atau didistribusikan,” jelas Gin Gin.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *