Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita

Ampuh! Kecamatan Sukatani Basmi Hama Tikus Sawah dengan Burung Hantu

4
×

Ampuh! Kecamatan Sukatani Basmi Hama Tikus Sawah dengan Burung Hantu

Share this article
Para petani di Kecamatan Sukatani memakai burung hantu sebagai Musuh Alami (Predator) untuk membasmi hama tikus di sawah mereka. Cara ini dinilai efektif, murah dan tidak berbahaya bagi jiwa.
Example 468x60

KabarSunda.com — Para petani di Kecamatan Sukatani menggunakan burung hantu sebagai musuh alami (predator) untuk membasmi hama tikus di sawah mereka. Cara ini dinilai efektif, murah, dan tidak berbahaya bagi manusia.

Kelompok Tani Bagja Asih di Desa Sukaasih telah memulai pembuatan Rumah Burung Hantu (Rubuha) sejak tahun 2020. Hasilnya sangat efektif dalam mengendalikan populasi tikus, karena burung hantu yang telah dilatih ini memangsa hewan pengerat tersebut.

Example 300x600

“Alhamdulillah, sekarang sudah ada enam titik rumah burung hantu yang berdiri, dan burung-burung ini sudah berkembang biak untuk membasmi hama tikus di sawah,” kata Camat Sukatani, Agus Dahlan, Senin, 24 Juni 2024.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa dengan adanya burung hantu jenis Tyto alba, mereka dapat mengamankan tanaman padi seluas 100 hektar dari serangan hama tikus.

“Kami berupaya untuk terus mengembangkan burung hantu ini di setiap desa lainnya,” ujarnya.

Agus juga telah mengajukan usulan kepada Pemkab Bekasi untuk menambah 20 unit Rubuha lengkap dengan 20 ekor burung hantu. Harapannya, semua petani di Sukatani dapat terbebas dari hama tikus dan meningkatkan hasil panen mereka.

Demang Darmadi, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Kecamatan Sukatani, menambahkan bahwa berdasarkan pengalamannya, seekor burung hantu dapat membunuh 10-12 ekor tikus dalam satu malam. Walaupun tidak semuanya dimakan, biasanya burung hantu mengonsumsi 5 hingga 7 ekor tikus, sedangkan sisanya disimpan sebagai cadangan makanan.

“Selain lebih efektif, penggunaan burung hantu untuk membasmi hama tikus juga lebih murah dibandingkan dengan menggunakan perangkap listrik. Cara ini juga lebih aman bagi petani dan tidak membahayakan nyawa karena tidak ada risiko tersengat jebakan listrik,” jelas Demang.

“Kami akan terus menerapkan metode ini. Selain lebih ekonomis, cara ini juga aman bagi petani dan ramah lingkungan,” tutupnya.

Example 300250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *